Sejarah Mesin BOR

perkakasNo Comments

Mesin bor merupakan mesin yang cara kerjanya memutarkan pisau pemotong yang arah mata pisau nya hanya pada sumbu mesin tersebut. Pengeboran sendiri merupakan kegiatan yang menghasilkan lubang berbentuk bulat dalam suatu pekerjaan memakai pemotong berputar yang disebut bor.
Mesin bor diciptakan oleh Arthur L Hawkesworth, pada tahun 1923 seorang ahli mekanik di Anaconda Copper Mining Co. Sebuah perusahaan tambang yang cukup besar di amerika.

Kembali lagi ke pembahasan tentang mesin bor, banyak elemen penting berada di dalam sebuah mesin bor, bisa dibilang adalah bagian utama dari mesin bor. Apa saja itu? berikut adalah bagian bagian utama dari sebuah mesin bor

  1. Base (Dudukan )
    Base ini merupakan penopang dari semua komponen mesin bor. Pemasangannya harus kuat karena akan mempengaruhi keakuratan pengeboran akibat dari getaran yang terjadi
  2. Drill (Mata Bor)
    Tanpa mata bor, tentu sebuah bor tidak akan berguna. Mata bor yang paling sering digunakan adalah bor spiral, karena daya hantarnya yang baik, penyaluran serpih (geram) yang baik karena alur-alurnya yang berbentuk sekrup, sudut-sudut sayat yang menguntungkan dan bidang potong dapat diasah tanpa mengubah diameter bor.
  3. Spindle
    Bagian yang menggerakkan chuck atau pencekam, yang memegang / mencekam mata bor.
  4. Spindle Head
    Merupakan rumah dari konstruksi spindle yang digerakkan oleh motor dengan sambungan berupa belt dan diatur oleh drill feed handle untuk proses pemakananya.
  5. Drill Feed Handle
    Handel untuk menurunkan atau menekankan spindle dan mata bor ke benda kerja ( memakankan)
  6. Kelistrikan
    Penggerak utama dari mesin bor adalah motor listrik, untuk kelengkapanya mulai dari kabel power dan kabel penghubung , fuse / sekring, lampu indicator, saklar on / off dan saklar pengatur kecepatan.

Tidak hanya dari bagian bagian utama sebuah bor, kita juga harus mengetahui bagaimana cara pengerjaan pengeboran, proses pengeboran antara lain:

  1. Drilling = Proses yang digunakan untuk membuat suatu lubang pada wadah benda kerja yang keras.
  2. Step drill = Proses yang digunakan untuk pembuatan lubang dengan diameter bertingkat
  3. Boring = Proses memperluas sebuah lubang yang sudah ada dengan satu titik pahat.
  4. Counter Bore = Digunakan untuk proses pembesaran ujung lubang yang telah dibuat dengan kedalaman tertentu, untuk mengakomodasi kepala baut.
  5. Tapping = Tapping adalah proses dimana membentuk ulir dalam. Hal ini dilakukan baik oleh tangan atau oleh mesin.

Sekian sedikit artikel dari kami semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Salam

 

The following two tabs change content below.

Dantool

PT. Dantool Karya Teknik merupakan Dealer resmi produk Makita, Maktec, dan Lakoni. PT. Dantool Karya Teknik melayani penjualan- service tools dan sparepart dari produk Makita dan Maktec by Makita. Kami memberikan layanan terbaik bagi yang berkepentingan dalam kebutuhan alat-alat teknik (Tools, Assesoris, dan Sparepart produk Makita dan Maktec by Makita). Kami juga menyediakan berbagai macam produk Lakoni : Mesin Inverter, Kompresor, Jet Cleaner dan Portable Genset dalam berbagai kapasitas sesuai kebutuhan konsumen. PT Dantool Karya Teknik Utama merupakan Dealer resmi produk Makita, Maktec, dan Lakoni. Bisa dilihat di produkkami, Phone: 0813-1904-1546 Email: [email protected]

Latest posts by Dantool (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top