Mesin Potong Gerinda

perkakasNo Comments

Mesin Potong Gerinda adalah suatu alat yang digunakan untuk menghasilkan yang mana digunakan untuk mengasah maupun sebagai alat potong suatu benda.
Mesin potong gerinda sering ditemui dalam pekerjaan tukang kayu atau tukang las. Mesin potong gerinda dalam pengoperasionalan nya menggunakan yang disebut dengan mata gerinda, jadi bisa dibilang mesin potong gerinda memiliki mata pisau/mata potong yang jamak, yang dimana mata potongnya berjumlah banyak sehingga semakin memudahkan dalam pekerjaan memotong benda.

Prinsip kerja dari mesin potong gerinda itu sendiri adalah batu gerinda berputar bersentuhan dengan sebuah benda seperti batang kayu, batang besi, bahkan bongkahan pohon, sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan, pemolesan, maupun pemotongan. Sejarah penggunaan batu gerinda sendiri pertama kali digunakan pada zaman besi dan perunggu (Dimulai pada sekitar abad ke-12 SM di Timur Dekat, India, dan Yunani; abad ke-8 SM di sebagian besar Eropa; dan abad ke-6 SM di Eropa Utara). Pada zaman ini mata gerinda sudah dibuat lebih bagus dan lebih baik dalam proses penajaman alat berburu maupun alat perkakas. Pada awal tahun 1900-an, batu gerinda mengalami perkembangan yang amat pesat berjalan dengan kemampuan manusia membuat butiran abrasive (yaitu butiran bahan asah/pemotong) seperti pasir silikon karbida serta aluminium karbida.

Fungsi Utama Mesin Potong Gerinda
1. Memotong benda yang ketebalannya yang tidak relatif tebal.
2. Menghilangkan sisi tajam pada suatu benda.
3. Menghaluskan dan meratakan permukaan benda.
4. Membentuk suatu bentuk pada benda(baik itu elips, siku, dan lain-lain).
5. Sebagai proses jadi akhir pada benda yang telah dipotong.

Kelebihan Mesin Potong Gerinda
1. Dapat menghasilkan permukaan benda yang sangat halus.
2. Dapat menghasilkan sebuah benda dengan ukuran yang sangat presisi/tepat & rapi.

Kekurangan Mesin Potong Gerinda
1. Skala pemakaian harus kecil.
2. Biaya yang diperlukan untuk pengerjaan cukup mahal.
3. Waktu yang diperlukan untuk memotong suatu benda memakan waktu cukup lama.

Macam-Macam Jenis Mesin Potong Gerinda
1. Mesin potong gerinda permukaan (Surface Grinding). Merupakan jenis mesin gerinda yang digunakan untuk menggerinda permukaan yang rata atau untuk memperoleh hasil lebih baik di permukaan yang datar dan rata.
2. Mesin Potong Gerinda Silinder (Cylindrical Grinding). Merupakan jenis mesin gerinda yang digunakan untuk menggerinda permukaan yang berbentuk silinder. Benda benda yang dapat dikerjakan dari mesin ini antara lain : Poros / As, Test Bar, Bearing, Collet, Sleeve, dan lain-lain
3. Mesin Potong Gerinda Sebagai Alat Potong (Tool Grinding Machine). Mesin jenis ini hanya digunakan untuk pekerjaan yang bertujuan untuk kerapihan benda kerja, yaitu menajamkan (mengasah) berbagai jenis bahan dengan mata gerindaJuga digunakan memperhalus (finishing) bentuk silinder, taper, internal, dan surface dari benda kerja yang mengharuskan ketelitian.

Sekian artikel tentang mesin potong gerinda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

http://dantoolteknik.com/

The following two tabs change content below.

Dantool

PT. Dantool Karya Teknik merupakan Dealer resmi produk Makita, Maktec, dan Lakoni. PT. Dantool Karya Teknik melayani penjualan- service tools dan sparepart dari produk Makita dan Maktec by Makita. Kami memberikan layanan terbaik bagi yang berkepentingan dalam kebutuhan alat-alat teknik (Tools, Assesoris, dan Sparepart produk Makita dan Maktec by Makita). Kami juga menyediakan berbagai macam produk Lakoni : Mesin Inverter, Kompresor, Jet Cleaner dan Portable Genset dalam berbagai kapasitas sesuai kebutuhan konsumen. PT Dantool Karya Teknik Utama merupakan Dealer resmi produk Makita, Maktec, dan Lakoni. Bisa dilihat di produkkami, Phone: 0813-1904-1546 Email: [email protected]

Latest posts by Dantool (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top